Masuk Sekolah Perdana, SMK Umar Fatah Rembang Gelar Halal Bihalal

0
120

Rembang- Sesuai kebudayaan di Indonesia, seluruh umat muslim sibuk melakukan halal bihalal pada saat hari raya idul fitri. Umat muslim beranggapan ini adalah moment yang paling tepat untuk saling memaafkan sesama. Hal ini seperti yang dilakukan oleh SMK Umar Fatah Rembang. Senin, 18 Juli 2016 merupakan hari awal masuk tahun ajaran 2016/2017 setelah melewati libur sekolah dan libur lebaran. Pukul 07.15 WIB semua guru, karyawan, dan siswa SMK Umar Fatah Rembang berkumpul di lapangan untuk mengikuti apel yang dilanjutkan dengan kegiata halal bihalal.

Pada saat acara halal bihalal, siswa membentuk antrean yang mengular. Sembari berjalan pelan, siswa-siswi mengucapkan kata maaf kepada guru dan sesama siswa. “Mohon maaf lahir dan batin” kalimat itulah yang selalu diucapkan siswa saat berjabat tangan. Lantunan sholawat yang mengiringi prosesi halal bihalal menjadikan suasana menjadi lebih hikmad. “Kegiatan halal bihalal ini sangat bermanfaat sekali untuk kami yang tidak sempat bersilaturahim ke rumah teman atau guru-guru kami,” kata Aviv siswa kelas XI.

Setelah acara halal bihalal di sekolah selesai, dilanjutkan acara halal bihalal dengan sesepuh yayasan. “Kegiatan ini sudah biasa dilakukan di SMK Umar Fatah. Selain untuk mempererat tali silaturahim, hal ini dilakukan untuk membersihkan kesalahan-kesalahan yang mungkin tidak disadari kita lakukan,” jelas Hermanto selaku guru PAI. Hermanto berharap semoga di hari yang suci ini, kita semua bisa kembali ke fitri dan tergolong kaum yang beruntung. Tika Septiani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.