Peringatan Hari Kartini di SMK Umar Fatah Rembang

0
184
Peringatan Hari Kartini di SMK Umar Fatah Rembang
Peringatan Hari Kartini di SMK Umar Fatah Rembang

REMBANG – Jumat (21/4/17), SMK Umar Fatah Rembang mengadakan Peringatan Hari Kartini. Tampak suasana yang tak seperti hari-hari biasanya. Kali ini, semua guru dan siswa mengenakan baju batik bagi yang putra, dan kebaya bagi yang putri. Peringatan hari Kartini, diawali dengan upacara bendera dan dilanjutkan dengan serangkaian perlombaan antarkelas. Upacara bendera kali ini berbeda dengan upacara biasanya. Seluruh petugas dan inspektur upacara adalah guru putri, sementara guru putra menjadi tim paduan suara. Bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Ibu Dona Titian. Dalam amanatnya beliau menyampaikan kepada seluruh siswa agar dapat mencontoh sosok R.A. Kartini. Siswa dapat meneladani hal itu dengan cara belajar dengan tekun di sekolah agar cita-citanya bisa tercapai.
Setelah upacara bendera selesai, siswa mengikuti beberapa perlombaan antarkelas yang diadakan oleh anak-anak OSIS SMK Umar Fatah. Ada pun perlombaan itu antara lain: lomba mbak dan mas, membaca surat kartini, menyanyi, menghias seserahan, lomba balap karung, cerdas cermat, dan lomba membuat rujak. Dari sekian banyak perlombaan, yang mengundang banyak perhatian orang adalah lomba membuat rujak. Hal ini dikarenakan peserta lomba ini adalah siswa laki-laki yang notabenenya tidak memiliki pengalaman dalam hal memasak sehingga tercipta suasana yang unik dan menimbulkan unsur humor. Semua perlombaan berjalan dengan sangat meriah, seluruh siswa menunjukkan antusiasnya saat mengikuti perlombaan. “Saya sangat senang bisa turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Selain dapat menambah pengalaman juga dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki,” kata Eko kelas X TKJ, pemenang lomba membaca karaoke.

“Setiap tahun SMK Umar Fatah Rembang selalu menyelenggarakan kegiatan Peringatan Hari Kartini. Ini merupakan kegiatan rutin yang diprogramkan tiap tahunnya untuk mengenang jasa R.A. Kartini sebagai pahlawan kaum wanita dan juga dimaksudkan untuk terus menumbuhkan semangat para pelajar dalam ikut berperan serta guna memajukan bangsa,” kata Rina Anggaraningrum selaku pembina OSIS. Rina juga menambahkan, Peringatan Hari Kartini juga dilakukan untuk memupuk semangat para pelajar dan meningkatkan rasa nasionalisme siswa SMK Umar Fatah Rembang. Dia berharap semoga akan terlahir kartini-kartini baru dari SMK Umar Fatah Rembang. Agus Lutfi