Setetes Darahku Tuk Selamatkan Sesama

0
143

Rembang- Siswa SMK Umar Fatah Rembang pada Sabtu (5/3/16) lalu melaksanakan aksi donor darah. Selain untuk memenuhi stok darah ke PMI, acara ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa solidaritas sosial di kalangan siswa. Menurut Rina, selaku Pembina OSIS SMK Umar Fatah, “Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin tiap tiga bulan sekali. Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan rasa kepedulian kita kepada sesama. Jadi yang mendonorkan darahnya tidak hanya siswa, guru juga banyak yang ikut mendonorkan darahnya.”
Aksi donor darah berlangsung dari pukul 09.30 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Dalam waktu kurang dari tiga jam, berhasil terkumpul tiga puluh enam kantong darah yang masing-masing kantongnya berisi 350 ml. Jumlah ini tergolong banyak untuk ukuran anak sekolah karena tidak semua anak dapat mendonorkan darahnya. Selain harus sehat fisik, mereka yang menyumbang juga harus berusia 17 tahun. Hal ini diungkapkan oleh salah satu staf PMI bagian transfusi darah, Fahrur Rozi, “Antusias siswa Umar Fatah untuk donor darah sangat besar. Hal ini dapat dilihat dari hasil kantong darah yang terkumpul. Yang membuat saya salut, mereka melakukan ini benar-benar atas kemauan sendiri, tanpa adanya paksaan dari guru.”
Antusisame siswa terhadap kegiatan ini sangat tinggi. “Saya senang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini. Saya termotifasi dengan slogannya PMI yang mengatakan setetes darah menyelamatkan sesama. Semoga darah yang saya donorkan bisa bermanfaat untuk orang yang membutuhkan.” ujar Galih Susanto, siswa kelas XI MM 3. Ketika kita mendonorkan darah, kita tidak pernah tahu siapa yang akan menggunakannya. Disitulah letak solidaritas sosial, dimana kita peduli kepada sesama tanpa harus mengenalnya terlebih dahulu. Muhammad Agus Lutfi