Ujian Praktik Kewirausahaan dan Agama Kelas XII

0
561

Rembang – Setelah sukses melaksanakan Ujian Praktik Kejuruan (UPK) 27 Februari 2016 kemarin, hari Senin (7/3) SMK Umar fatah mengadakan ujian praktik mata pelajaran kewirausahaan dan ujian praktik mata pelajaran Agama pada jum’at (4/3) yang diikuti oleh seluruh kelas XII jurusan RPL dan Multimedia yang berjumlah 176 siswa.
Ujian praktik kewirausahaan yang dimulai pukul 09.00 WIB kemarin dibagi menjadi 3 ruangan dengan 3 orang penguji yang masing-masing menguji sekitar 59 siswa. Sedangkan ujian praktik Agama yang diadakan tiga hari sebelumnya dimulai pukul 07.30 WIB ini dibagi menjadi 4 ruangan dengan 4 orang penguji guru PAI yang masing-masing menguji 44 siswa. “Baik ujian praktik Kewirausahaan maupun ujian praktik Agama, siswa melakukam ujian secara acak tidak sesuai dengan nomor absen agar siswa antisipasi dan mempunyai persiapan yang baik saat dipanggil”, ujar Hermanto selaku koordinator tim penguji praktik agama
Hermanto juga menjelaskan bahwa materi yang diujikan adalah materi yang sering digunakan untuk bermasyarakat. Penilainnya diambil dari 40% membaca Alqur’an, 20% Toharoh, 30% sholat janazah, dan 10% dari penilaian sikapnya.
“Untuk ujian praktik kewirausahaan kami mengambil materi ujian lamaran pekerjaan dengan tujuan melatih anak-anak untuk bisa berkomunikasi dengan baik menghadapi orang luar agar mereka siap masuk dunia kerja,” jelas Diana kusumawati yang bertugas sebagai koordinator tim penguji praktik kewirausahaan. Diana juga menjelaskan bahwa penilaian ujian praktik kewirausahaan meliputi penampilan 20%, kelengkapan berkas lamaran 20%, komunikasi 30%, dan penguasaan materi tentang perusahaan yang diminati 30%.
“Secara keseluruhan kami siap menjalankan ujian praktik karena semua materinya sudah diajarkan. Apalagi untuk ujian praktik membaca Alqur’an, setiap hari selasa sampai kamis ada tadarus pagi yang melatih anak-anak membaca Alqur’an dengan tajwid yang benar.” jelas Farizi Prasetyo, peserta ujian kelas XII RPL 2. Marqolis